Jumat, 12 Desember 2014

Bukit Jamur Gresik


Secara administratif bukit jamur terletak di desa Bungah kec.Bungah kab.Gresik. Untuk menuju ke bukit jamur, dari kota gresik menuju ke barat melewati jalur pantura, setelah melewati jembatan sungai bengawan solo sembayat akan di jumpai pertigaan Bungah. Dari pertigaan ini belok kiri mengikuti petunjuk ke DUKUN, sekitar 1kiloan di sisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang lurus saja sampai mentok ada pertigaan belok kiri dan tinggal ikuti jalan maka bukit jamur sudah kelihatan di sisi kanan jalan. Akses masuk lainnya dari pertigaan Bungah bisa lurus mengikuti petunjuk ke Tuban. Sekitar 700 meteran(sebelum pondok pesantren Al Islah) di sisi kiri jalan ada jalan masuk ke proyek penambangan, masuk aja dan ikuti jalan lurus terus ntar bukit jamur sudah kelihatan di sisi kanan jalan.

Rute dari Surabaya: setelah masuk gapura selamat datang kota Gresik ketemu perempatan Galangan ambil lurus, ketemu perempatan Sentolang belok kiri ketemu perempatan Kebomas belok kanan ketemu perlimaan Sukorame ambil lurus sampe perempatan Pasar Gresik belok kiri(melewati Ramayana) lurus terus ikuti jalur pantura ini sampai sekitar 10kiloan. Sekitar 1 kiloan setelah melewati jembatan sungai Bengawan Solo desa Sembayat ketemu pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke DUKUN, selanjutnya ikuti petunjuk rute yang pertama yang saya tulis di atas.






Bukit jamur ini sebenarnya bekas galian tambang kapur yg sudah lama di tinggalkan dan mengalami erupsi pada bagian bawah batu,di mana bagian bawah batu teksturnya lebih rapuh dr pada bagian atas.






42 komentar:

  1. TENGKYU infonya bro...
    penasaran! minggu besok kita kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerahnya sepi (tidak aman) gak bro? soalnya jalan berdua pake motor.

      Hapus
    2. Aman mas Dwi,.. namun saat ini hanya bisa di kunjungi hari minggu saja karena sdh banyak yg tau dan klo hari biasa mengganggu jalannya proyek penambangan batu kapur.

      Hapus
    3. Aman mas Dwi,.. namun saat ini hanya bisa di kunjungi hari minggu saja karena sdh banyak yg tau dan klo hari biasa mengganggu jalannya proyek penambangan batu kapur.

      Hapus
    4. Aman mas Dwi,.. namun saat ini hanya bisa di kunjungi hari minggu saja karena sdh banyak yg tau dan klo hari biasa mengganggu jalannya proyek penambangan batu kapur.

      Hapus
  2. Kalo hari sabtu jg ga bs dikunjungi kah mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut peraturan baru hanya di buka hari minggu utk umum biar ga ganggu jalannya proyek..tp ga tau lg klo sore di atas jam 4, krn jam 4 sore proyek sdh berhenti..

      Hapus
  3. skrang masih buka minggu aja apa setiap hari gan?

    BalasHapus
  4. Kalo sore hari-hari biasa boleh gak ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore jam 4 aktifitas proyek sdh selesai tp kurang tahu boleh di kunjungi ato nggak

      Hapus
  5. Terima kasih infonya mas. Ini insyaAllah rencana ke sana hari Kamis pas liburan Imlek. Semoga lagi gag ada proyek penambangan :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke..sama2..
      moga boleh di kunjungi hari libur..

      Hapus
  6. Besok sabtu kn hari libur apa boleh dikunjungi kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau klo tgl merah..mungkin bs di coba..

      Hapus
    2. Kurang tau klo tgl merah..mungkin bs di coba..

      Hapus
  7. Kalau hri minggu bukanya mulai jam brp?

    BalasHapus
  8. Masa kalo hari biasa gak bisa mas saya rencana selasa besok ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa mbak..klo hari biasa mengganggu jalannya proyek..bukanya cm hari minggu aja

      Hapus
    2. Ga bisa mbak..klo hari biasa mengganggu jalannya proyek..bukanya cm hari minggu aja

      Hapus
  9. kalau dari pondok suci ke arah mana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke bungah aja mas,..sampai pertugaan bungah tunggal tanya warga sdh pada tau semua

      Hapus
  10. Tlg tanya..bukanya apakah hanya hari Minggu saja? Buka dr jam brp sampai jam brp? Medan jalannya apakah berbatu2 terjal curam gitu? Apakah mobil bisa lewat sampai berhenti tepat di depan Bukit Jamur nya atau harus turun jalan kaki lagi? Kalau mau masuk dan foto2 di sana harus bayar atau gratis? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukanya cm hr minggu aja mulai jam 7 pagi smpe jam 5 sore..htm 3000 utk parkir mobil kurang tau saya..medannya mudah, mobil bisa sampe parkiran..dr parkiran ssh klihatan cm jln kaki 20 meteran aja..

      Hapus
  11. Alhamdulillah aq bisa mengunjungi maha karya agung yg sempurna di kota klahiranku sendiri. Tpi sayang masih sangat kurang perhatian dari PEMDA. Andaikan dikelola dengan baik pasti kan jadi obyek wisata andalan kota Gersik.

    BalasHapus
  12. Kalo tanggal merah buka ta mas

    BalasHapus
  13. wah mantap minggu ke sana dah....

    BalasHapus
  14. Makasih Infonya gan.ini tamu saya hari ini nyarter mobil kesana.
    blog saya www.manavin.com

    BalasHapus
  15. Mohon infonya klo pake minibus apa bisa masuk lokasi ya?

    BalasHapus
  16. Untuk akses kendaraan mobil apakah bisa sampek di bukit jamur nya? Atau harus turun dahulu. Trs medan jalan nya apakah bisa untuk kendaraan mobil?

    BalasHapus
  17. Untuk akses kendaraan mobil apakah bisa sampek di bukit jamur nya? Atau harus turun dahulu. Trs medan jalan nya apakah bisa untuk kendaraan mobil?

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Artikelnya bagus sekali. Memberikan informasi dan wawasan kepada kita.
    Setiap trip memiliki cerita yabg berbeda Saya juga pernah berkunjung ke bukit jamur 2014 pertama kali.
    Silahkan mampir ke blog saya adhematohbanget.blogspot.co.id/2016/03/bukit-jamur-gresik-perjalanan-trip-dan.html?m=0

    BalasHapus
  20. keren tempatnya..bisa mapir juga di bukit jamur kalbar http://www.traveluxion.web.id/2016/04/pesona-wisata-bukit-jamur-bengkayang.html

    BalasHapus
  21. keren tempatnya..bisa mapir juga di bukit jamur kalbar http://www.traveluxion.web.id/2016/04/pesona-wisata-bukit-jamur-bengkayang.html

    BalasHapus