Jumat, 08 Mei 2015

Air Terjun Bendo Tulungagung


Air Terjun Bendo terletak di desa Demuk kec. Pucanglaban Tulungagung, tepatnya berada di balik Bukit Luk Songo. Air terjun Bendo memiliki 5 tingkatan air terjun dimana tiap tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Tingkat pertama/ atas memiliki ketinggian sekitar 5 meter dan merupakan air terjun kembar. Tingkat kedua juga merupakan air terjun kembar yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter. Tingkat ketiga memiliki ketinggian sekitar 1 meter begitu juga air terjun tingkat 4 dan 5. Lokasi air terjun Bendo cukup tersembunyi di rimbunnya hutan sehingga cukup sulit mecari spot foto untuk memotret keseluruhan air terjun.
Untuk menuju ke air terjun Bendo, rutenya sama atau searah dengan bukit Phutuk Krebet, Jurug Tejo, pantai molang dan pantai2 disekitarnya.
Dari kota Tulungagung tinggal mengikuti petunjuk ke Blitar, sampai dipertigaan Ngunut belok kanan/selatan mentok lalu belok kiri ketemu pertigaan pertama belok kanan mentok lalu belok kanan lagi dan ikuti jalan sampai menemukan pertigaan pertama lalu belok kiri melewati bukit Luk Songo. Dari sini ada 2 rute untuk menuju ke air terjun Bendo.
Yang pertama ikuti terus jalanan bukit Luk Songo sampai habis dan ketemu pertigaan dimana jika lurus terdapat gapura selamat datang desa Demuk dan jika ke kiri terdapat jalan cor, ambil kekiri dan ikuti jalan cor sampai mentok lalu tanya warga arah jalan menuju air terjun Bendo.
Yang kedua akses jalan berada di sisi kiri jalanan bukit Luk Songo, tepatnya di samping jembatan kecil terdapat jalan setapak masuk ke ladang warga. Masuk dan ikuti jalan setapak tersebut jika ketemu pertigaan ambil lurus dan ketemu pertigaan lagi belok kiri dan tinggal ikuti jalan saja.










2 komentar: